Oleh: sangabid | Desember 9, 2010

spiritualitas hukum newton

SPIRITUALITAS HUKUM NEWTON
Newton adalah seorang fisikawan yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap seluruh ilmu pengetahuan sampai sekarang. Teori yang berhasil dia kembangkan manjadi dasar seluruh teori berkembang sekarang. M Hart menyimpan dia menjadi orang kedua yang paling berpengaruh dalam sejarah kehidupan.
Namun ada yang tidak ada dalam keilmuwan Newton. Nilai spiritual. Ya nilai spiritual ini yang kita tidak ketahui bahkan mungkin sama Newton sendiri. Padahal aturan Alam adalah aturan Tuhan. Newton telah menemukan banyak sekali ilmu pengetahuan alam sebenarnya di dalam penemuan itu ada nilai spiritual.
Hukum 1 atau hukum kelembaman/inersia
Benda diam akan mempertahankan kediamannya, benda bergerak akan mempertahankan geraknya atau ΣF=0 atau gaya yang dihasilkan nol.
Hukum Newton ii
Suatu Benda akan bergerak apabila ada pengaruh dari luar atau F=m.a
Hukum Newton iii atau hukum aksi reaksi
Gaya yang bekerja pada sebuah benda berasal dari benda lain yang ada di lingkungannya.
F aksi = – F reaksi
Kenapa benda bisa bergerak?
Ketika kita melihat seorang anak kecil maina perahu di atas karpet susah sekali digerakan. Anak itu menggerutu, Tapi saat perahu itu di cemplungkan kedalam air perahu itu bergerak mudah sekali. Si anak itu senang sekali. Kanapa ya bisa seperti itu?
Atau mungkin kita pernah melihat sepeda motor yang ban nya kempes susah sekali digerakan tapi sudah dipompa motor itu meluncur dengan cepat. Atau ada pesawat yang bisa terbang di angkasa dengan mudah. Kenapa ya benda itu bisa bergerak ? dan kenapa benda itu susah bergerak?
Ada dua hal yang harus kita perhatikan. Pertama benda itu bisa bergerak karena ada dorongan atau tarikan. Misalkan pesawat tadi bergerak karena ada dorongan dari mesin pesawat. Atau adanya tarikan seperti orang yang menarik gerobak sehingga bergerak. Kedua kenapa benda itu ssusah bergerak karena ada yang menghambat. Anak kecil itu susah mengerakan mainan perahunya karena karpet nya itu yang menghambat pergerakn mainan itu tapi jika disimpan di air hambatan sedikit sehingga mudah digerakan .
Sebenarnya manusia pun seperti itu. Manusia bisa bergerak karena ada dorongan dan tarikan dari luar dirinya. Dan ada pula yang menghambat manusia yang bergerak. Salah satu cirinya mahkluk hidup adalah dia bergerak, sedangkan manusia yang tidak bisa bergerak adalh mayat.
Lalu apa yang mengerakan manusia dan apa yang menghambat manusia bergerak.? Yang membuat manusia itu bergerak adalah kehendak. Manusia kehendak untuk dia bisa beraktivitas. Sedangkan ketika manusia tidak punya kehendak dia tidak bisa apa-apa. Kita bekerja karena kita dangan keinginan untuk menghidupi keluarga. Kita sekolah karena ada kehendak untuk lebih maju.
Lalu darimana kehendak itu datang? Kehendak itu datang dari yang maha berkehendak. “Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.” Ali imron : 47. Dia berkehendak terhadap segala sesuatu. Dia yang menghidupakn Dia yang mematikan Di a member rizki siapa yang Dia kehendaki.
Lalu sekarang apa yang membuat kita terhambat bergerak? Kita susah bergerak ketika kehndak kita tidak selaras dengan sumber kehendak itu. Sang Maha kehendak kita mengikuti RosulNya kita malah memilih jalan sendiri. Allah mengiginkan kita membangun bumi ini kita malah merusaknya. Allah ingin kita berbuat baik pada orang lain kita malah bermusuhan dengan orang lain.
Ya perbuatan kita lah yang menghambatnya, perbuatan yang tidak selaras , dosa-dosa kita. Ketidakpatuhan kita pada Allah. Maksiat kita pada Allah, ego kita yang merasa paling baik. Keangkuhan kita kebersamaan kita dengan setan.
“Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup[191]. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”. Ali Imron 26-27.
Pada dasarnya seluruh yang ada di alam semesta adalah diam. Tapi Dia berkhendak untuk menggerakan, Dia yang menghidupkan Al Hayyul.
Newton pun pernah berakata
‘if I have seen farthter than other man, it is standing on the shoulder of giant”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: