Oleh: sangabid | Agustus 13, 2014

Ghost Writer

Ghost Writer

Sekarang ada profesi baru yang manarik dan dapat memberi penghasilan yang lumayan juga. Dan sekarang dicari orang. Dia adalah Ghost Writer. Membaca istilah ini mungkin kepala kita langsung mendefinisakan sendiri istilah itu. Ada yang mendefinisiskan hantu yang bisa nulis, penulis berhantu, atau penulis tentang hantu. Namun apalah definisinya tidak penting karena tidak ada definisi baku dari Ghost Writer itu sendiri.

Ghost Writer sendiri biasa dipakai untuk mereka yang mau menulsi buku namun mereka terkendala sesuatu. Bisa karena tidak ada waktu untuk menulis seperti orang yang karyawan atau pengusaha, bisa karena ada kekurangan fisik misalnya tangan nya ada gangguan, atau tidak bisa menggunakan komputer seperti guru saya seorang ulama yang sudah sepuh beliau tidak bisa mengetik namun ilmunya sangat luas, atau memang orang tersebut tidak bisa menulis atau tidak bisa menuangkan idenya dalam bentuk tulisan seperti kebanyakan orang sekarang.

Era teknologi gadget dan internet sekarang ini sebenarnya orang dipaksa untuk menulis. Orang tiap hari tanpa sadar untuk menulis status di facebooknya. Sekarang kebanyakan orang sudah memeiliki web atau blog sendiri, mereka tanpa sadar sudah melatih tangannya mengetik kata-kata yang ada dikepalanya. Jika Pak Hernowo salah satu metode mengajar menulis pada siswanya adalah dengan melatih menulis buku hari sehinga siswa terlatih untuk menuang pikirannya kedalam buku. Bobi dePorter dalam buku Quantum Learning menulis sebuah metode menulis dengan emosi. Cara nya sedernanan hanya menuliskan yang ingin dituliskan. Seperti yang saya lakukan sekarang ini. Tulisan yang anda baca sekarang ini adalah kata-kata yang ada dikepala saya. Yang saya tulIskan dalam bentuk huruf dan kata. Jadi untuk menjadi penulis tidak sulit amat sebenarnya. Apalagi seorang yang sudah sarjana sebenarnya mereka sudah bisa menulis buku dengan skripsinya. Apalagi yang anda pikirkan ayo menulis. Itulah yang selalu dipancing oleh si Mark zukenberg dalam FBnya “apa yang anda Pikirkan”

Dalam istilah pemain golf pukulan keras untuk pamer pukulan lembut untuk memasukan bola ke lubang. Untuk menulis sebuah diperlukan kemasan yang berbeda, suatu analisa dan rangkaian kata yang lebih menarik dan tertata. Saye tertarik sekali dengan buku “my stupid boss” isiny Cuma ngomongin kekurangan, kritikan bos nya dan perusahaan namun dia berhasil menengemassnya dengan baik sehingga orang yang membaca ikut terkekeh membacanya. Walaupun dari sisi kontens tidak sopan.

Menurut saya jika anda sibuk, atau ada halangan seperti yang disebut dia atas. Namun anda punya ide atau gagasan yang ingin dituliskan lebih baik anda bekerjasama dengan Ghost Writer. Anda hanya menuliskan ide dan gagasan utama tulisannya kemudian anda sharingkan arah tulisannyya mau kemana dan segmen pasarnya mau siapa. Mungkin anda perlu beberapa kali untuk mengsharingkannya karena sang Ghost Writer perl mencerna dengan baik apa ide dan gagasan dengan baik. Kalau ada referensi buku ada web bisa dilampirkan. Setelah itu Ghost Writer mulai mengemas tulisan dengan tambahan dan pernik pernik yang lain agar semua buku menjadi menarik.

Tugas Ghsot writer hanya dalam keontek menulis. Masalah desain cover, lay out atau masalah mencetak itu diluar tanggung jawabnya. Namun jika yang penulis ingin mencetak atau menerbitkan biasanya mereka memberi referensi.

Ada banyak keuntungan ketika anda bekerjasama dengan para Ghost Writer :

  1. Ide dan gagasan akan terdomentasikan dengan lebih baik.
  2. Waktu anda lebih efeketif. Karena menulis itu biasa butuh waktu lama
  3. Anda mempunyai karya yang benar-benar hasil ide anda.
  4. Jika bukunya best seller tentu saja anda raoyalti akan masuk ke rekening anda tanpa harus bekerja.
  5. Yang terpenting efek dari buku itu sendiri jika anda mempunyai karya tingkat kepercayaan orang terhadap anda akan semaakin baik
  6. Waktun yang diperlukan relatif cepat. Biasanya maksimal 3 bulan sudah bisa langsung cetak
  7. Ada tidak terlalu merogoh kocek terlalu banyak dibandingkan denga waktu yang anda korbankan untuk menulis.
  8. Dll

Ghost Writer sekarang menjadi profesi baru yang dicari orang karena banyak orang ingin memuat karya dalam bentuk tulisan. Apalagi didunia kerja pendidikan sebuah karya tulis mempunyai nilai poin sama dengan dua tahun mengajar di sekolah atau dikampus. Di dunia kerjapun jika seorang mempunyai karya tulis buku mungkin akan lebih mendapat posisi yang lebih strategis. Atau didunia bisnis. Seorang pangusaha sekarang tidak hanya mengandalkan modal dan keberanian mereka harus memiliki wawasan yang lebih luas. Bahkan ada penulis yang menjadi enterpreneur gara-gara menulis buku tentang enterpreneurship.  

Biasanya Ghost writer adalah penulis juga, artinya dia telah mempraktekan keahliannya. Jika seorang Ghost Writer tidak pernah menulis mana mungkin kita percaya dengan jasa dia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: